Hotel Diaustria Diretas Sebanyak 4 Kali, apa sebenarnya yang terjadi ?

Hotel Diaustria Diretas Sebanyak 4 Kali, apa sebenarnya yang terjadi ?
ASSALAMUALAIKUM WR WB

internet mempunyai banyak keuntungan tetapi dibalik itu memiliki dampak negatifnya juga, seperti halnya kota cerdas dengan sistem yang canggih sekalipun tetap mempunyai resiko cyber security yang terus meningkat dari tahun ketahun, jadi bagaimana cara mengatasi ancaman baru ini ?

Hotel Diaustria Diretas Sebanyak 4 Kali

Christoph Brandstatter adalah managing director Seehotel, Jagerwirt, di Pegunungan Alpen Austria mengalami pembobolan kunci pintu elektronik hotel dan sistem lainya di hack untuk mendapatkan sejumlah uang tebusan sebanyak 4 kali antara desember 2016 sampai januari 2017.

menurut Branstatter awalnya mendapatkan surat ransomware yang disembunyikan dalam sebuah tagihan dari telekom autria, kunci pintu elektronik ini tidak bisa digunakan kembali setelah dia mengeklik link tagihanya begitupun dengan harddisknya .

Hotel Diaustria Diretas Sebanyak 4 Kali
kemudian dia membayar uang tebusan dua bitcoin dengan harga per bitcoin € 1.600 (£ 1,406: $ 1,882). selanjutnya dia melakukkan pengamanan dengan memasang firewall dan perangkat lunak antivirus baru, dan melatih staffnya untuk mengenali email phising yang tampak asli namun sebenarnya mengandung perangkat lunak yang dapat merusak sisitem.

lalu dia meninggalkan kunci elektronik dan kembali menggunakan kunci logam, kemudian dia mendapatkan informasi pada tanggal 5 desember 2017, Brandstatter menerima email dari polisi austria yang memberitahukan bahwa katasandinya telah ditemukan dikomputer diselatan inggris.
Hotel Diaustria Diretas Sebanyak 4 Kali

seperti kasus lainya yag terjadi pada sebuah tangki ikan pintar AS yang dapat mengatur jadwal salinitas, suhu dan makan sendiri telah diretas pada awal tahun ini dengan menggunakan akases kejaringan perusahaan yang lebih luas.

hacker bahkan berhasil masuk melalui tangki ikan yang terhubung dengan internet dan mampu mencuri 10 GB dari komputer kasino dan menyimpanya dipernagkat diirlandia. Mike Lloyd, chief technology officer di Silicon Valley cybersecurity firm RedSeal menurutnya serangan jauh lebih bertarget dan jauh lebih berbahaya, berhasil masuk dalam sebuah organisasi dan kemudian bergerak secara lateral.

Hotel Diaustria Diretas Sebanyak 4 Kali

betapa mudahnya bagi peretas menguasai jaringan melalui perangkat yang tidak aman dan dan kemudian mengeluarkan "botnet" untuk melakukkan serangan. peretas dapat menyewa botnet ini untuk mengirim spam untuk melakukkan serangan ddos(denial of service) yang mampu nenonaktifkan server.

peretas ini meninggalkan data ditempat, tetapi dengan halus merubahnya dan merayu perusahaan untuk membuat keputusan yang buruk yang dapat menguntungkan pesaing sehingga mampu membuat harga sahamnya menurun.

cybersecurity telah mengembangkan pendekatan yang berbeda dengan memonitor perilaku jaringan kompter dan melihat perilaku yang cerdik, sehingga mampu untuk melihat yang terhubung didalam jaringan.

semoga bermanfaat dan dapat menjadi motivasi agar kita mampu meningkatkan keamanan pada semua sistem yang dimiliki.

WASSALAM
Sign out
Baca Juga ×

3 comments:

  1. kok sampai 4 kali sih apa gak ada pengamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gak ada pengamanya gan tapi karena kekurangan informasi dari pegawainya melalui email palsu.

      Delete
  2. Mungkin sampai 4 kali belum ketemu yang di kehendaki, hacker memang suram.

    ReplyDelete

ATURAN KOMENTAR :

1. dilarang komentar berbau sara, perjudian dan parno.
2. silahkan berkomentar sesuai tema dengan sopan.
3. selalu menjaga kenyamanan sesama pengunjung.
4. Dilarang spam

Powered by Blogger.