Kekurangan Dan Kelebihan USB Type C

Kekurangan Dan Kelebihan USB Type C


USB Type C merupakan USB yang memiliki 24 pin dalam konektornya yang mana anda dapat melakukan pertukaran data serta energi. USB Type C memiliki ukuran sedikit lebih besar dari konektor micro –B dengan lebar sebesar 8,3 mm dan tinggi 2,5 mm. 
Kekurangan dan Kelebihan USB Type C

Meski USB type C ini merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya dan digadang –gadang lebih baik. Namun penggunaannya ternyata masih belum begitu maksimal hingga saat ini. Kemudian apa saja kelebihan dari teknologi satu ini dan juga kelemahan USB type – C ? 

Sebab yang kita tahu belum banyak perangkat smartphone yang dipasangi USB type – C untuk perangkat mereka.


Kelebihan USB Type C


1.     Kecepatan Transfer Data

Sebagai teknologi yang mutakhir konektor USB type C ini memiliki kecepatan transfer yang baik dari teknologi – teknologi pendahulunya. Baik kecepatan transfernya atau pengisian daya baterainya.

2.     Desain Ramping

USB type Cmemiliki desain dengan bentuk yang mungil serta memiliki penampilan yang ramping dibanding USB standar. Hal ini memiliki tujuan supaya USB type C tidak banyak memakan space sehingga memiliki fleksibilitas pemakaian.

 Teknologi USB type C ini merupakan teknologi multi fungsi untuk transfer data dan juga pengisian data serta audio port.

3.     Lifetime Penggunaan Awet

USB Type C diklaim memiliki daya tahan penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Sebab USB type C memiliki desain port yang bagus. Bentuk port tipe C sendiri memiliki desain sama di dua sisinya sehingga anda tidak perlu khawatir USB akan terbalik ketika mencolokan. USB type C sendiri  memiliki masa pakai hingga 10 ribu kali pemakaian.

Kelemahan USB Type C


1.     USB Type C Tidak Serta Merta Membuat Pengisian Baterai Lebih Cepat

Meski digadang –gadang USB type C dapat digunakan meningkatkan kecepatan pengisian baterai USB ini sejatinya tidak sepenuhnya dapat mengisi baterai dengan cepat untuk tipe HP tertentu.

2.     Harganya Mahal

Sebagai teknologi terbaru dan diklaim mempunyai banyak kelebihan USB ini masih tergolong mahal. Maka dari itu wajar saja jika tidak banyak smartphone meminang teknologi satu ini.

3.     Masalah Kompabilitas

Adanya masalah kompabilitas inilah yang membuat produsen smartphone masih belum melirik sepenuhnya di USB type C untuk perangkat mereka. Sebab biaya teknologi USB ini masih tergolong mahal dan memerlukan waktu lama untuk pemasangannya.

Nah berhubung harga  USB Type C masih tergolong mahal maka saya akan merekomendasikan USB Type C yang masih ramah kantong dengan harga Rp. 100.000an   yang mungkin dapat kamu masukan dalam daftar list :

1.     Aukey CB C-10

USB Type C satu ini merupakan USB Type C yang memiliki konektor sebesar 3.0 dengan desain minimalis. USB ini memiliki fitur kabel tebal, fast data sync up to 5Gbps dan juga fast charging loh guys.

2.     Uneed Bolt UCB17C

USB type C ini merupakan USB yang memiliki panjang 1 meter dan memiliki lapisan bahan plastik nylon yang sangat lentur di sisinya sebagai proteksi dari benda – benda yang membahayakan kabel USB ini.

Kabel USB milik Uneed ini memiliki fitur Fast data sync up to 5Gbps dan juga kabel lapisan pelindung.


Semoga artikel  berjudul Kelebihan dan Kelemahan Smartphone yang Menggunakan USB Type C yang saya tulis ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda.

Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.