6 Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

6 Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Panas yang ada pada laptop merupakan suatu hal yang sering membuat kesal pemilik laptop. Sebab jika laptop terlalu cepat panas hal ini akan mengakibatkan kinerja laptop yang melambat dan dampak selanjutnya laptop akan mengalami macet dan not responding. 

Baca Juga : Laptop Yang Bisa Dicharger Dengan PowerBank

Selain itu laptop memiliki ruang yang padat serta sempit yang mana hal ini dapat menyebabkan laptop cepat panas dibandingkan komputer. Sirkulasi udara dalam laptop juga memiliki sedikit ruang dan terkesan kurang lancar dibandingkan dengan komputer yang notabenenya memiliki banyak ruang.
Penyebab laptop cepat panas juga bisa karena kesalahan anda sendiri yang tidak tahu menahu bagaimana menggunakan laptop dengan baik dan benar. Maka dari itu bagi anda yang tidak tahu bagaimana menggunakan laptop dengan benar maka disini saya akan menuliskan tips mengatasi laptop yang sering panas, baca artikel ini hingga selesai ya guys.

1.      Bersihkan Laptop Secara Teratur

Jika anda ingin laptop berfungsi secara normal dan bebas dari panas maka anda daapt membersihkan laptop secara teratur. Bersihkan komponen luar laptop sebab komponen luar ini sering dihinggapi debu atau kotoran lainnya yang hinggap di dinding luar laptop. Anda dapat membersihkan komponen luar laptop menggunakan cooling fan atau alat penyedot debu.

2.     Jangan Menaruh Laptop Diatas Kasur

Banyak orang sering menaruh laptop di atas kasur ketika menggunakannya. Anda harus menghindari hal satu ini demi mencegah laptop cepat panas. Sebab kasur dapat menyerap panas dari laptop, karena laptop anda tidak menggunakan alas yang keras maka kasur sebagai media penyerap panas akan menghantarkan panas kembali ke laptop. Selain itu menggunakan alas kasur dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar.

3.     Beri Jeda Waktu Istirahat Untuk Laptop

Laptop juga dapat anda ibaratkan dengan tubuh manusia, sebab laptop juga butuh waktu istirahat. Jangan sampai anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama apalagi dalam jangka waktu seharian tanpa henti. 

Hal ini akan memiliki dampak terhadap kenaikan suhu dalam laptop. Usahakan anda memberi waktu istirahat pada perangkat ketika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama supaya laptop tidak mudah panas.

4.     Usahakan Layar LCD pada Laptop Tidak Terlalu Terang

Ketika anda menggunakan laptop usahakan jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup juga. Sebab laptop yang terlalu terang dapat membuat baterai laptop cepat habis dan kondisi laptop akan cepat panas. Langkah terbaiknya anda dapat menyetting laptop sesuai dengan kenyamanan mata. Dengan cara satu ini dapat menjadi solusi supaya laptop anda tidak cepat panas.

5.     Cek Kipas Apakah Berfungsi Secara Normal

Komponen kipas yang ada dalam laptop sangatlah penting, sebab kipas memiliki fungsi hawa panas yang ada pada laptop. Jika kipas pada laptop tidak berfungsi maka hawa panas yang ada dalam laptop akan menumpuk. 

Maka penting sekali anda mengecek apakah kipas befungsi dengan baik atau tidak. Untuk memberi perawatan pada kipas anda dapat membersihkan kipas supaya tidak ada kotoran yang menempel pada kipas atau bagian dalam laptop yang  sekiranya dapat menghambat fungsi kipas.

6.     Cek Thermal Paste

Thermal paste merupaka gel yang menempel di atas processor, kegunaan thermal paste sendiri ialah mengurangi panas yang ada dalam laptop yang dihasilkan oleh processor. Anda dapat melihat apakah thermal paste sudah mengering? Jika ya anda dapat mengoles kembali thermal paste diatas processor supaya thermal paste dapat berfungsi kembali dengan normal.
Demikian artikel berjudul 6 Cara ini Dapat Mengatasi Laptop yang Cepat Panas ini, semoga bermanfaat.


Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.