Piala Dunia 2018 : Portugal vs Spanyol Fonte Jose tidak ikut merayakan Gol Ronaldo , mengapa demikian ?

Piala Dunia 2018 : Portugal vs Spanyol Fonte Jose tidak ikut merayakan Gol Ronaldo , mengapa demikian ?

Hasil imbang pada laga Portugal vs Spanyol di Grup B Piala Dunia 2018 bisa saja tak terjadi andai Jose Fonte ikut merayakan hat-trick Cristiano Ronaldo bersama rekan-rekannya. Mengapa demikian?
Timnas Portugal berbagi angka usai bermain imbang 3-3 melawan timnas Spanyol pada partai pertama Grup di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (16/6/2018). Gol penyama kedudukan Cristiano Ronaldo pada menit ke-88 menggagalkan keunggulan Spanyol. 
Ronaldo mencatat hat-trick pada laga tersebut lewat gol ke gawang David De Gea pada menit ke-4, ke-44, dan ke-88. Adapun gol Spanyol dibuat oleh Diego Costa (24’, 55’) dan Nacho Fernandez (58’).
Terdapat kejadian menarik yang terjadi seusai gol ketiga Ronaldo pada laga tersebut. Setelah mengeksekusi tendangan bebasnya bersarang ke pojok gawang Spanyol, Ronaldo berlari ke sudut luar lapangan di wilayah permainan Spanyol.
Seluruh pemain Portugal berlari ke arah Ronaldo, kecuali kiper Rui Patricio. Ketika hampir semua outfield player ingin ikut merayakan gol Ronaldo, salah seorang di antara mereka meminta Jose Fonte tidak ikut serta. 
Jose Fonte hanya bertepuk di garis lapangan dan tak ikut larut dalam selebrasi Ronaldo. Sikap Fonte ini membuat Portugal bisa mengamankan hasil imbang lawan Spanyol. 
Saat merayakan gol tersebut, 9 dari 11 pemain Portugal, kecuali kiper dan Fonte, berada di luar lapangan. Jika Fonte ikut bergabung dalam perayaan dan berada di luar lapangan, maka Spanyol bisa saja melakukan kick-off tanpa harus menunggu pemain Portugal siap.
Dalam aturan FIFA, tertulis bahwa syarat sah melakukan kick-off adalah seluruh pemain tim yang mencetak gol, kecuali kiper, harus berada di wilayah permainan sendiri dan tidak berada di wilayah lawan.
Tidak berada di wilayah lawan bisa dimaknai juga bahwa para pemain mencetak gol berada di wilayah netral atau luar lapangan. Nah, para pemain Portugal merayakan gol di luar garis permainan, kecuali Fonte dan Rui Patricio tentunya. 
Portugal beruntung salah satu dari pemain mereka paham aturan FIFA. Dia meminta Fonte bertahan di area permainan dan bek West Ham United itu menurutinya. 
Jikalau Fonte memutuskan untuk ikut dalam rombongan selebrasi Ronaldo, Tim Matador justru leluasa melakukan kick-off dan mengeroyok kiper Rui Patricio di bawah mistar. Hasil akhir tentu akan berbeda.
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.